Bagaikan Sayur Tanpa Garam, Fungsi Garam

garamDALAM mengolah masakan, ada satu bahan yang pasti digunakan, yaitu garam. Nyatanya, fungsi garam tidak sekadar menjadikan masakan jauh dari rasa hambar.”Jarang sekali membuat makanan tidak memakai garam karena garam merupakan elemen penting dalam mengolah makanan,” ucap Bernard James Pasalbessy, Executive Chef Pastis Kitchen & Bar di Aston Kuningan Suites, Jakarta, baru-baru ini.

Selain memberikan rasa pada masakan, garam juga membuat makanan menjadi lebih matang. “Garam memberikan elemen-elemen pada makanan menjadi lebih gurih serta kematangan jadi sempurna,” tambahnya. Dijelaskannya lagi, garam turut menjaga juicy bahan makanan yang digunakan sehingga akan terasa ketika tersentuh lidah. Apalagi, tegasnya, bila kita mengolah ayam, sapi, ikan, dan kambing.

icip makananMenurutnya, pemakaian garam tidak digunakan pada olahan minuman karena cita rasanya akan berubah. “Minuman itu kan lebih dominan pada rasa manis atau lebih mengutamakan flavor sehingga menarik,” tutupnya.Biasanya orang memanfaatkan garam untuk keperluan memasak. Sebagai bumbu, penyedap maupun keperluan sejenis. Namun ternyata garam juga bisa digunakan untuk hal lain selain keperluan dapur.

Untuk pemanfaatan garam dalam keperluan selain memasak ikuti petunjuk berikut ini.

1. Tambahkan garam saat mencuci sayuran dengan air dingin. Garam akan menjadikan sayuran tetap segar dan kotoran atau serangga yang bersembunyi di dalamnya akan muncul.

2. Jika tubuh dan kaki terasa penat serta pegal, rendamlah badan atau kaki di air hangat yang sudah dicampur dengan garam. Insya Allah badan akan menjadi segar kembali.

3. Jika kuku mudah putus atau patah cobalah rendam di air hangat yang telah dicampur garam, lakukan seminggu sekali selama lebih kurang 5 menit.

4. Bila bekas the yang berwarna kecoklatan masih melekat di gelas atau cangkir maka bersihkan dengan garam.

5. Hindari kuman flu dan batuk dengan berkumur air garam. Lakukan setiap pagi dan malam.

6. Garam yang telah dilarutkan di air dingin juga dapat menghilangkan noda darah pada baju atau kain putih. Caranya gosok-gosokkan bagian yang bernoda dengan air yang sudah diberi garam.

7. Garam juga dipercaya dapat menghilangkan rasa nyeri di kepala. Caranya taruh sedikit garam di balik lidah dan setelah 10 menit minum segelas air.

8. Jika baju baru kurang meyakinkan apakah luntur atau tidak rendam dulu di air dingin yang dicampur garam selama 15 menit sebelum mencucinya.

9. Selesai membersihkan perabot rumah tangga yang terbuat dari kayu atau rotan (yang tak dipelitur) siramkan air garam dingin kemudian di lap, perabot pun tak akan menjadi kekuningan.

10. Bagi yang sensitif dengan garam jangan letakkan garam di meja makan, ingat mengurangi pemakaian garam berarti membuat badan terhindar dari resiko stroke dan penyakit jantung.

11. Agar garam tetap kering dan mudah meluncur dari wadah penyimpanannya masukkan beberapa butir beras di dalamnya.

12. Bila digigit serangga cobalah cuci bekas gigitan tersebut dengan air hangat yang dicampur dengan garam.

13. Bila pakaian terkena flek, keringat dan anggur atau minuman keras coba rendam pakaian itu dalam larutan garam kemudian dicuci dengan air panas dan sabun.

Ada lagi yang mau menambahkan…???

Sumber : berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s