Jangan Terburu-buru Dalam Menyantap Makanan

diet langsing makan dengan santaiOrang tua sering memberitahu untuk makan secara perlahan. Jangan terlalu terburu-terburu dan mengunyah dengan cepat saat makan. Ternyata ada alasan dibalik nasihat terserbut. Banyak alasan kesehatan yang membuat harus makan secara perlahan. Cara ini mempunyai banyak manfaat kesehatan. Dilansir dari magforwomen.com, inilah alasan mengapa dianjurkan untuk makan secara perlahan :

“Jangan pernah konsumsi makanan apa pun dengan terburu-buru karena Anda tidak akan bisa mengontrol diet dan kuantitas makanan. Jika makanan tidak dikunyah dengan baik, maka lemak tidak mudah dipecah menjadi zat yang lebih kecil dan sederhana untuk pencernaan. Jadi, salah satu tip diet sederhana untuk makan lebih sedikit adalah mengunyah lebih banyak min 32 kali.”

Menjaga berat badan
Otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mengirim sinyal bahwa perut sudah kenyang. Jika makan secara perlahan maka secara otomatis selama rentang waktu tersebut asupan kalori untuk membuat perut kenyang berkurang. Bila makan dengan cepat secara otomatis mulut akan terus mendapat asupan makanan untuk merasa kenyang. Itulah sebabnya salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan makan secara perlahan.

Memperbaiki pencernaan
Makan dengan perlahan membuat mulut akan lebih sering mengunyah makanan. Mengunyah makanan lebih lama sangat baik bagi pencernaan. Karena proses pencernaan berawal dari mulut, dengan mengunyah makanan lebih lama perut tidak harus bekerja lebih keras untuk mencerna makanan.

Menikmati rasa makanan
Dengan makan secara perlahan, rasa makanan juga akan lebih terasa. Dengan makan secara perlahan indera pengecap bisa berfungi lebih baik. Lidah lebih bisa merasakan rasa makanan saat makanan dikunyah secara perlahan.

Melatih fikiran
Makan secara perlahan dapat melatih fikiran agar lebih fokus. Karena cara ini melatih untuk fokus terhadap makanan. Selain itu makan secara perlahan juga dapat mempengaruhi gaya hidup. Makan secara perlahan melatih tidak terburu-buru dalam berbagai hal, cara ini juga dipercaya dapat meredam stress.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s