Segudang Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Es Kocha dan Pecl TuriBekasi – Sebagian orang pada umumnya sering tidak menyadari bahwa sarapan pagi mempunyai peranan penting menjaga kesehatan fisik tubuh sebelum beraktifitas.Sesibuk apapun Anda harus dapat menyempatkan waktu untuk sarapan , karena sarapan merupakan bahan bakar bagi tubuh sehingga energi tubuh Anda akan terpenuhi sepanjang hari.Selain menambah energi, berikut beberapa alasan alasan mengapa aktivitas sarapan itu penting dilakukan.Selama ini telah banyak anggapan yang salah seputar sarapan. Banyak orang beranggapan minum teh atau kopi di pagi hari sudah dianggap sarapan. Makan sepotong kue di pagi hari dianggap sebagai sarapan. Padahal anggapan-anggapan tersebut merupakan sebuah kesalahan.

Shooting B-Channel-35Banyak yang mengabaikan manfaat sarapan bagi kesehatan. Terang saja hal ini menjadikan banyak orang tidak melakukan sarapan karena dianggap tidak begitu penting. Prosentase anak dan remaja tidak sarapan cukup tinggi antara16,9 persen – 59 persen, sedangkan pada orang dewasa sekitar 31,2 persen, serta 4,6 persen anak sekolah sarapan dengan kualitas rendah.

Menurut Prof. Dr. Hardinsyah, MS, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB), pada Selasa (8/1/2013), di Jakarta.

“Sarapan bisa meningkatkan stamina fisik, psikis, emosional, dan disiplin. Orang Indonesia kan biasa bangun pagi, lalu beribadah, setelah itu bisa sarapan. Kalau dilakukan setiap hari dapat membentuk disiplin anak, sekali-kali telat tidak apa-apa, misalnya pukul 09.00, beli makanan yang dibungkus dan higienis,”

Kebutuhan kalori pada anak sekitar 1800 kalori, sedangkan sarapan pagi anak-anak membutuhkan 500 – 600 kalori. hal ini dapat terpenuhi dengan konsumsi seporsi nasi (ukuran anak-anak), telur, sayur (salad, tomat, selada, dll), dengan buah (jeruk, pisang, apel, dll), dan air (susu, air mineral, jus).

“Kalau sarapan cuma susu ya kurang. Karena sebutir telur belum mencukupi karbohidrat, vitamin, dan lemak,” Ungkap Prof. Dr. Hardinsyah, MS.

Mengapa sarapan itu penting? Ternyata sarapan dapat meningkatkan stamina, kemampuan daya ingat yang lebih baik, konsentrasi belajar, dan perasaan nyaman saat bekerja.

Mba ElliSarapan mencegah BAB, hipoglikemia, pusing, berlebihan ketika makan siang, membantu mengontrol berat badan, kegemukan, serta gangguan stamina. Bagi usia anak-anak saran membuat anak mampu membaca, berhitung, serta bahasa dan logika lebih baik.

Dengan rutin melakukan sarapan maka seseorang jarang sakit kepala, telinga, dan gangguan pencernaan. Sarapan menanamkan perilaki dan budaya makan sehat yang masuk dalam pilar gizi seimbang.

“Ketika anak tidak sarapan pagi, siangnya akan lapar, lalu ketika makan siang akan makan berlebihan, termasuk banyak ngemil, dan ini mengakibatkan makan makanan tidak sehat, sehingga anak menjadi kegemukan dan memungkinkan asupan jajanan yang tidak aman,” Pungkas profesor IPB tersebut.

Maka dari itu, sedini mungkin biasakan anak anda dan anda sendiri sarapan secara teratur. Sehingga manfaatnya yang sangat penting itu pun akan terasa. Berikut manfaat sarapan pagi bagi kesehatan.

Menjaga kesehatan jantung

Banyak penelitian yang menyebutkan sarapan penting bagi kesehatan jantung. Sebab orang-orang yang terbiasa sarapan punya kadar kolesterol rendah, ukuran yang lebih kecil, dan kadar insulin stabil dalam darahnya.

Bisa turunkan berat badan

Ketika Anda beraktivitas dengan perut kosong, tubuh akan membakar kalori secara lambat.

Menurut ahli nutrisi penulis buku The F-Factor Diet Tanya Zuckerbrot, R.D., sarapan pagi setelah perut kosong semalaman dapat meningkatkan metabolisme, yang artinya pembakaran kalori sepanjang hari menjadi lebih efisien.

Namun Zuckerbrot menekankan bahwa kunci dari semuanya adalah jenis makanan yang Anda konsumsi. Makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana seperti donat akan membuat glukosa melonjak, kemudian turun drastis. Ini juga menyebabkan Anda merasa lapar pada jam 11-an.

Tingkatkan kemampuan otak

Riset para ahli dari Universitas Swansea Wales membuktikan bahwa pelajar yang selalu sarapan mencatat rata-rata skor 22% lebih tinggi ketimbang rekannya yang tidak sarapan.

Ketika Anda bangun pagi, sebagian besar energi dalam bentuk glukosa dan glikogen telah habis terkuras oleh aktivitas sehari sebelumnya.

Menurut para ahli, glukosa adalah satu-satunya bahan bakar yang dibutuhkan otak. Tanpa glukosa yang cukup, Anda merasa lelah dan berkunang-kunang.

Menghindari makanan tak terkontrol

Sarapan dengan baik akan menjaga Anda dari rasa lapar berlebih, dimana ini dapat mencegah Anda makan berlebihan di siang harinya. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi dari makanan sepanjang hari.

Saat Anda meninggalkan sarapan, Anda akan cenderung mengalihkan rasa lapar dengan ngemil sepajang pagi hingga menjelang makan siang. Dan hal ini akan mendorong Anda mencari pelarian lain pada kopi, atau minuman yang mampu meningkatkan energi.

Menambah nutrisi tubuh

Sarapan memiliki porsi energi yang dibutuhkan tubuh selama beberapa jam ke depan. Anda yang terbiasa sarapan, akan sedikit lebih kenyang hingga makan siang tiba. Zat besi, vitamin dan mineral yang terkandung di dalam sarapan Anda lah yang bekerja untuk memasok tenaga ke dalam tubuh.

Sebagai nutrisi untuk otak

Sarapan bisa meningkatkan kemampuan otak dalam mengerjakan sesuatu, berpikir dan meningkatkan konsentrasi bekerja. Melalui makanan yang dimakan saat sarapan, bahan bakar untuk otak tersalurkan. Untuk itu, sarapan sangat dianjurkan untuk pelajar, mahasiswa dan pekerja yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Bajaj Di Pondok Citra Saung LesehanMakanan sarapan berserat tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan, bahkan dapat menurunkan resiko berbagai penyakit termasuk polip usus dan kanker kolon.Sarapan sehat yang kaya nutrisi penting untuk bahan bakar otak, sarapan sehat adalah rahasia hidup sehat, sarapan sehat juga berguna untuk memberikan “mood” yang baik sepanjang hari.

Sarapan sehat sangat berguna untuk memperbaiki memori. Penelitian terakhir membuktikan bahwa tidur semalaman dapat membuat otak kita kelaparan. Jika kita tidak mendapatkan glukosa yang cukup pada saat sarapan, maka fungsi otak atau memori dapat terganggu.
makan buah setelah makanSarapan sehat menyediakan proporsi nutrisi yang signifikan untuk kebutuhan sepanjang hari. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi dari makanan sepanjang hari.

Sarapan sehat yang baik akan membantu anda mengontrol rasa lapar yang berlebih, dimana ini dapat mencegah anda makan berlebihan di siang hari.

Sarapan sehat berguna untuk penurunan berat badan. Selama tidur tubuh ada puasa sepanjang malam, dan di pagi hari anda berada dalam tahap pertama merasa lapar. Melewatkan sarapan membuat tubuh anda tetap “dalam kelaparan”, sedangkan memberikan sarapan yang bernutrisi akan meningkatkan metabolisme. Sarapan makanan sehat akan mampu meningkatkan kemampuan pembakaran lemak di dalam tubuh anda.

Sarapan sehat juga berguna bagi anda pasangan suami-istri yang mengalami gangguan kesuburan dikarenakan pola makan dan gaya hidup anda yang kurang baik. Sarapan sehat ini bisa membantu anda dalam hal terapi kesuburan dengan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga tubuh anda dalam keadaan yang sehat dan bugar. Tercukupinya vitamin B kompleks, vit D, vit C, vit E, asam folat, selenium, zinc, asam amino essensial dan beberapa mineral penting lainnya di pagi hari sangat membantu mengembalikan kualitas kebugaran dan kesehatan tubuh anda, yang akan menciptakan sel telur dan sperma yang berkualitas.

Sumber: Dari berbagai Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s