Komunikasikan Kenaikan Harga Produk Dengan Konsumen

Strategi Menaikkan Harga Makanan

Bajaj Di Pondok Citra Saung LesehanKenaikan harga BBM sudah diketok palu oleh DPR 17 Juni 2013, dan diikuti oleh kenaikan harga-harga hampir seluruh turunanya seperti harga bahan baku , sayur mayur, ikan, transportasi dan lain-lain.Nah bagi pemilik produk kuliner yang dijual ke konsumen apalagi sektor UKM pasti akan merasakan dampaknya dimana biaya produksi juga ikut terkerek. Bagaimanakah cara kita mengkomunikasikan kenaikan harga produk kita agar pelanggan kita tidak lari atau calaon pelanggan tidak membatalkan niatnya untuk membeli produk kita.

Hanya satu dari empat pelanggan yang menyalahkan penyedia jasa dan industri makanan atas naiknya harga produk. Namun daripada melakukan kenaikan harga yang mendadak atau menerima kerugian hanya supaya Anda tidak kehilangan pelanggan, lakukanlah strategi harga produk yang akan memberi manfaat pada pelanggan tanpa harus memaksakan anggaran belanja pelanggan Anda. Yuk kita simak satu-persatu tips dan strateginya.

Strategi harga makanan 1 : Menu Paket

  • Misal Paket menu pada jam makan siang (ini diterapkan di rumah makan)
  • Beberapa paket hidangan penutup dengan harga ekonomis
  • Dua hidangan masakan dalam satu paket harga
  • Paket harga Ekonomis plus soft drink

Apapun contohnya dapat berakibat baik pada usaha Anda. Strategi harga makanan dengan Menu paket telah terbukti sangat menarik bagi tamu. Melakukan keragaman pada paket dan harga, dengan hidangan yang berbeda-beda pada waktu-waktu yang juga berbeda, dapat meningkatkan usaha Anda dengan cara yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda. Hidangan Dasar

Ini mungkin bisa menjadi saat yang tepat untuk bereksperimen dengan hidangan berbiaya rendah dengan potongan daging yang lebih murah dan hidangan sampingan sayuran yang lebih banyak. Hal ini seringkali membutuhkan persiapan lebih rumit, dengan memberikan cara-cara memasak dan hidangan yang tidak dapat dibuat di rumah biasa, seperti membakar daging dengan pelan atau memasak daging dengan sedikit air, yang sangat membutuhkan waktu dan perhatian lebih. Cara-cara tidak biasa ini dapat memberi kesan nostalgia pada hidangan sekaligus memberi nilai dan perbedaan yang Anda butuhkan.

Strategi harga makanan 2 : Gunakan sistem Reward

Berikan sistem Reward untuk konsumen setia Anda yang terus menerus kembali. Mereka akan mudah tersentuh pada tiap tawaran, dan dapat menjadi “agen pemasaran” terbesar Anda.Tawarkan pada mereka bonus misal makanan penutup gratis di akhir acara makan mereka, atau minuman ringan tambahan pada kopi mereka.

Meningkatkan Penjualan

Menaikkan penjualan dilakukan dengan meyakinkan konsumen untuk membeli hidangan tambahan atau meningkatkan tingkat pembelian mereka dengan menawarkan tambahan hidangan pelengkap. “Apakah Anda ingin tambahan kentang goreng pada hidangan Anda?” merupakan contoh tawaran klasik. Terkadang cara ini juga dikenal tulisan sebagai penjualan dengan menyarankan. Hal ini sering dilakukan disebuah restoran cepat saji ternama.

Jika staf terdepan Anda tidak dilatih untuk melakukannya, maka ini adalah waktu yang baik untuk memperkenalkannya pada staf Anda. Cara ini adalah salah satu cara tercepat untuk meningkatkan keuntungan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Bila dilakukan dengan baik, cara ini dapat memberi hasil sebagai berikut:

  1. 1.      Meningkatkan belanja rata-rata konsumen
    Dengan menjual tambahan dan menaikkan tingkat hidangan, Anda dapat meningkatkan besaran belanja rata-rata dalam rumah makan Anda.
  2. 2.      Meningkatkan kepuasan tamu
    Bila staf pelayanan Anda melakukannya dengan baik, penjualan dengan menyarankan akan menghasilkan layanan yang lebih baik karena tamu akan merasa diinformasikan akan pilihan yang lebih  baik yang tersedia.
  3. 3.      Tingkat penjualan yang lebih menguntungkan
    Dengan menjual lebih banyak atau menjual hidangan yang lebih mahal, cara ini dapat memberi keuntungan lebih besar karena akan meningkatkan penjualan pada hidangan yang mempunyai margin keuntungan lebih besar berdasarkan saran staf pelayanan pada pelanggan.
  4. 4.      Tip dan kepuasan pekerjaan yang lebih baik untuk para staf pelayan
    Tingkat belanja rata-rata yang lebih besar berarti tingkat tip yang lebih besar pula untuk para staf pelayan, yang pada akhirnya akan membuat para staf lebih bahagia.

Strategi harga makanan 3 : Fokus pada Hidangan Pembuka

Kreasikan salad dan sup Anda dengan beragam saus, tambahan bahan, atau bahan yang lebih, dan cara memasak yang berbeda. Promosikan porsi lebih pada hidangan pembuka Anda, sehingga dapat dimakan untuk lebih dari satu orang, atau bahkan menjadi hidangan utama. Empat dari lima konsumen di Amerika merasa bahwa hidangan pembuka seharusnya dapat dimakan dengan berbagi dan tiga per empat dari mereka akan memilih makanan ringan dan pembuka yang disajikan beragam dalam satu porsi.

Di Mana Cara Ini Bekerja dengan Lebih Baik

Minuman

“Apakah Anda ingin air botolan atau air karbonisasi?” Walaupun konsumen masih dapat meminta air dalam gelas, saran ini akan menaikkan kemungkinan mereka akan memesan seperti yang disarankan. Kesempatan untuk menaikkan penjualan minuman ringan dan atau minuman khas warung makan anda  juga lebih baik ditawarkan di awal layanan. Seringkali penjualan minuman ringan menjadi faktor utama dalam meningkatkan margin keuntungan.

Makanan Pembuka

Makanan pembuka biasanya mempunyai margin keuntungan yang baik. Mereka juga merupakan hidangan termudah untuk ditawarkan. Ada kemungkinan besar bahwa para konsumen sudah lebih dahulu lapar ketika mereka tiba di rumah makan, sehingga para pelayan sebaiknya tidak melepaskan kesempatan ini. Pelayan sebaiknya dilatih untuk menawarkan dan menerangkan makanan pembuka secara menarik untuk mendorong selera pelanggan.

Hidangan pendamping yang cocok

Tiap kali pelanggan memesan hidangan apapun yang akan cocok dengan hidangan lain, pada staf pelayan harus siap menyarankan hidangan pendamping.

Makanan Penutup

Tiap staf pelayan harus menawarkan makanan penutup pada pelanggan dengan menerangkan dengan cara yang menarik selera. Jika pelanggan terlihat ragu, sarankan untuk berbagi makanan penutup hanya untuk merasakan terlebih dahulu.

Hidangan dengan Tingkat Keuntungan Terbesar

Tiap anggota staf pelayan harus mampu mengenali hidangan mana saja di dalam menu yang memiliki tingkat keuntungan yang tinggi, sehingga mereka bisa mencoba menjualnya dengan cara menyarankan pada pelanggan. Sebagai contoh, jika seorang pelayan mengetahui mana di antara makanan utama yang memiliki tingkat keuntungan terbesar, ketika pelanggan meminta rekomendasi maka pelayan tersebut dapat menyarankan pada hidangan tersebut. Jika pelayan mengetahui makanan penutup yang mana yang memiliki tingkat keuntungan tertinggi, mereka bisa memastikan untuk menyiapkan penjelasan yang menarik selera untuk disarankan pada pelanggan segera setelah mereka selesai dengan hidangan utama.

Tips Mengatasi kenaikan Harga Bahan Baku

makan buah setelah makan

  1. Jaangan Mengurangi Kualitas

Konsumen Pecel madiun kebanyakan adalah penggemar fanatik mengkonsumsi pecel  ini atas dasar manfaat dan nostalgia. kenaikan bahan baku hendaknya tidak menjadikan produsen mengurangi kualitas produknya. jangan mencampur bahan lain dalam pecel sebagai bahan baku. Jika hal ini dilakukan, konsumen fanatik akan lari.

  1. Menaikkan harga pecel madiun sepantasnya

Konsumen pecel madiun biasanya kalangan yang cukup mapan secara finansial.Di luar itu, mereka adalah orang-orang yang mengutamakan kesehatan, walaupun harus mengeluarkan uang ekstra. Anda tetap bisa menaikkan  harga, asal ada jaminan terhadap konsumen bahwa kualitas terjaga.

  1. Mengurangi  volume setiap kemasan

Boleh jadi ada diantara konsumen anda yang sensitif dengan harga. Jalan keluar dari masalah ini adalah mengurangi volume peceldi setiap hidangan.Dengan catatan, anda harus memberitahukan pengurangan volume tersebut ke konsumen.

  1. Memberitahukan permasalahan anda ke konsumen

Hal terbaik untuk mempertahankan pelanggan adalah menjalin komunikasi yang baik denganya. Komunikasikan permasalahan kenaikkan bahan baku tersebut dengan konsumen.Biasanya, bila ada penjelasan lebih dahulu, konsumen akan mengerti dan sedikit memaklumi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s