Manfaat Bumbu Dapur Dalam Makanan Bagi Kesehatan

Dapur kitaMungkin selama ini kita tidak menyadarinya, walaupun sering kita mengkonsumsinya. Nah mudah-mudahan dengan informasi ini, makin menambah wawasan kita sehingga lebih peduli dengan bumbu dapur yang alami sehingga sahabat semua  lebih sehat dan kita bisa beraktifitas dengan baik . Indonesia memang kaya akan rempah-rempah. Selain enak untuk campuran masakan, rempah-rempah ini juga memberikan manfaat lain bagi kesehatan.Bahkan dari zaman dulu rempah-rempah ini diburu oleh bangsa-bangsa Eropa Berikut ini  rempah-rempah tersebut yang digunakan sebagai bumbu dapur dan bermanfaat bagi kesehatan :

1. Kayu manis.
Kayu manis kaya akan senyawa alami yang disebut polifenol. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini dapat bertindak seperti insulin dalam tubuh untuk mengatur kadar gula darah.

“Taruh setengah sampai satu sendok teh kayu manis dalam kopi sohib sebelum menyeduhnya,” saran Dr. Wendy Bazilian, penulis “The SuperFoodsRx Diet: Lose Weight with the Power of SuperNutrients”, dilanseir melalui Sheknows (9/10).

2. Oregano.
Satu sendok teh oregano memiliki tingkat antioksidan yang setara dengan tiga cangkir brokoli. Jadi, jangan lupa taburkan oregano kering ke makanan sohib untuk mendapatkan kebaikannya.

3. Rosmeri.
Senyawa dalam rosmeri membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, dimana hal ini menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit kronis.

4. Kunyit.
Rempah berwarna kuning cerah ini membantu menjaga kesehatan otak dan melindungi dari risiko penurunan kognitif akibat penuaan. Selain itu, kunyit juga menjadi ‘bumbu’ sehat bagi jantung. Kari menjadi pilihan tepat bagi sohib yang ingin sehat.

5. Daun thyme.
Jenis rempah asal Mesir ini memberikan kebaikan bagi fungsi pernafasan sohib. Untuk mendapatkan manfaat dalam makanan sohib, taburi daun thyme ke dalam tumisan atau dressing salad.

6. Jahe.
Penelitian menunjukkan bahwa satu sendok jahe memiliki tingkat antioksidan yang sama dengan satu cangkir bayam. “Para ilmuwan juga melihat senyawa penting dalam jahe untuk mengatasi masalah pencernaan (mual) serta mengurangi rasa sakit,” jelas Dr. Bazilian.

KONICA MINOLTA DIGITAL CAMERA7. Cabai.
Baik cabai merah, rawit hingga paprika ternyata menjadi teman terbaik untuk sohib yang sedang diet. “Rasa pedas dalam berbagai bentuk menjanjikan kebaikan, seperti meningkatkan metabolisme, memberi rasa kenyang dan merangsang pembakaran lemak juga,” ungkap Dr, Bazilian.

8. Bawang putih bubuk
Walaupun tidak memiliki rasa yang begitu persis seperti bawang putih siung, bawang putih bubuk juga berasal dari siung bawang putih yang dikeringkan. Seperti rempah-rempah lainnya, bubuk bawang putih menjadi pengganti yang baik untuk garam saat menambahkan rasa pada makanan. Pastikan untuk tidak tertukar dengan garam bawang putih, yang tinggi sodium dan dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi.

9. Jinten (habbatusauda)
Jinten juga merupakan rempah-rempah yang dapat ditemukan dalam bentuk biji utuh atau ada yang ditumbuk. Jinten populer di India dan Timur Tengah untuk memasak. Seperti rempah-rempah lain, jinten menambahkan banyak rasa untuk masakan tanpa menambahkan natrium, kalori, dan lemak.

10. Lada Hitam
Lada atau merica hitam juga sering digunakan sebagai bumbu dapur. Anda mungkin berpikir lada sebagai setengah lainnya dari garam. Jika Anda memiliki atau beresiko untuk tekanan darah tinggi dan perlu membatasi asupan sodium Anda. Untuk mendapatkan rasa terbaik, Anda bisa mengganti garam dengan merica.

11. Mint
Mint adalah herbal yang memiliki banyak varietas misalnya, peppermint, spearmint, Yang paling baik digunakan adalah yang masih segar. Daun mint sering ditambahkan ke minuman, di Timur Tengah digunakan sebagai hiasan untuk makanan penutup. Menambahkan daun mint segar untuk es teh tawar atau air menjadi cara yang hebat untuk membuat minuman lezat menyegarkan tanpa kalori atau gula. Mint juga berguna menghangatkan perut.
Dan masih banyak rempah-rempah yang dijadikan sebagai bumbu dapur dan bermanfaat bagi kesehatan kita semua.
Nah, tunggu apalagi. Cek dapur sahabat dan cari rempah-rempah tersebut, kemudian rasakan kebaikannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s