Manfaat Kembang Turi Dari Pohon Turi

Turi MerahPohon Turi adalah salah satu tanaman yang banyak ditanam untuk peneduh, baik itu di kebun/sawah maupun di halaman rumah. Turi merupakan tananan asli Indonesia, tetapi kini banyak ditanam di Amerika Latin, Australia,dan Afrika Selatan.Pohonnya bisa tumbuh dengan cepat, sehingga dalam satu tahun saja turi sudah menghasilkan bunga dan polong. Dari banyak tumbuhan yang ada, turi tergolong tumbuhan yang hampir seluruh bagian pohonnya dapat dimanfaatkan. Kayunya menjadi bahan baku kertas, kayu bakar, dan arang.

Manfaat  Bunga Turi

IMG00571-20130513-1113Bunga turi selain digunakan dalam sayur untuk makanan pecel juga masih banyak kegunaannya. Bunga turi juga bisa untuk  urapan dan bahkan untuk obat penyakit tertentu. Sebenarnya bagian keseluruhan Turi ini semuanya berguna. Contohnya daunya buat pakan hewan ternak, batangnya yang mengandung serat jika di pintal dapat menghasilkan benang dan dapat dibuat sebagai jala.

Manfaat Bunga Turi pada cairan daun dan batangnya sering digunakan sebagai obat kumur pembersih mulut dan kerongkongan. Getahnya, dalam bentuk tepung atau perasan, bersifat astrigen. Getah tersebut mengandung beberapa zat pewarna seperti agatin, basorin, dan zantoagatin.Di India, turi dianggap sangat berkhasiat. Semua bagian pohonnya dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit buta senja karena mengandung banyak vitamin A.

IMG_0156Manfaat Bunga Turi khususnya daun turi oleh penduduk Jawa Tengah, biasa digunakan sebagai bahan pewarna tradisional. Daun turi juga dimanfaatkan untuk menyembuhkan keputihan, sakit tenggorokan, kuku jari bengkak, batuk, dan mengatasi hidung berlendir atau sakit kepala.

Untuk meredakan demam nifas, daun turi ditumbuk, lalu air perasannya diminum. Bagian

akarnya dimanfaatkan untuk batuk berdahak dan pegal linu.

Bunga turi yang mengandung vitamin B memang sangat baik sekali buat untuk sayur-mayur. Selain itu biji dari turi ini ternyata bias juga untuk pengganti kedelai, ya walaupun rasanya tidak seperti kedelai akan tetapi bisa juga untuk pembuat tempe. Daunya yang bersifat tonik dalam ilmu kesehatan sehingga berguna sebagai obat kuat, diare, disentri, dan bias juga buat penyembuh perut kembung. Dan masih banyak lagi guna dari turi ini..

Turi (Sesbania grandiflora) banyak ditemukan di daerah pedesaan. Di Indonesia banyak dimanfaatkan sebagai ‘paru-paru kota’ , pembatas pekarangan dan sebagai lalapan. Ya, bunga turi sering digunakan sebagai sayuran pelengkap pecel. Bunga turi dapat membantu memperlancar ASI ( Air Susu Ibu ) dan mengatasi gangguan buang air besar. Selain itu juga dapat melembutkan kulit. Bunga turi ada yang berwarna merah dan ada yang berwarna putih. Kandungan senyawa bunga turi merah lebih banyak.

Apa saja senyawa yang terdapat dalam bunga turi ?
1.      Karbohidrat
2.      Protein
3.      Lemak
4.      Mineral kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium
5.      Vitamin B1, B2, B6, C dan beta karoten
Biji turi yang tua, setelah dikeringkan, direbus dan diberi ragi dapat digunakan sebagai bahan baku tempe.
Di India, daun turi digunakan sebagai obat.

OLYMPUS DIGITAL CAMERAEfek farmakologis bunga turi:
a. Pelembut kulit
b. Pencahar

Ternyata akar turi pun juga bermanfaat untuk kesehatan yaitu untuk mengatasi pegal linu
Cara :
Akar turi (berbunga merah) digiling halus. Tambahkan air sehingga adonan menyerupai bubur. Gosokkan adonan tersebut pada bagian tubuh yang linu.
Turi juga dapat meredakan sakit kepala lho. Simak resep tradisional berikut ini :
Bahan :
Satu genggam daun turi
Tujuh biji turi (polong)
Tujuh biji lada
Bawang putih
Satu sendok makan cuka
Cara :
1. Tumbuk biji & daun turi serta lada & bawang putih hingga halus.
2. Masukkan cuka dan aduk hingga rata
3. Oleskan ramuan tersebut pada kening
Banyak juga ya manfaat pohon turi beserta bagian-bagiannya. Sekarang kita jadi tahu bahwa turi bukan hanya pohon peneduh jalan , pembatas pekarangan dan paru-paru kota saja. Namun ada banyak manfaat yang lainnya.

Mau cari pecel yang ada bunga turinya di Jakarta, Bekasi atau Cibubur?  Datang saja Pondok Citra Saung Lesehan Komsen, Jati Asih, Bekasi

About these ads

Posted on June 12, 2013, in Menu kami and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: